#Tanyaayah – Menyalahkan Pihak Sekolah

Tanyaayah – Menyalahkan Pihak Sekolah

Pertanyaan :

Anak saya usia TK Alhamdulillah saya masukkan di TK tahfidz Quran. Sering kali anak saya ketika saya coba mengulang hafalan di rumah si anak cenderung menolak dengan alasan capek sehingga saya sering menyalahkan pihak sekolah bahwa pihak sekolah tidak maksimal memperhatikan kedisiplinan anak untuk mengulang hafalan di rumah. Pertanyaan apa yg mesti kami lakukan sebagai orang tua? 🙏🏻

ilustrasi. sumber percikaniman.org

Jawaban

Alhamdulillah ayah begitu concern terhadap hafalan Qur’an anaknya, mudah2an sy doakan anaknya menjadi penghafal Qur’an yang solih. Amin. 

Bahasan ini untuk lebih detailnya bisa anda dalami di audio abatasa “Merdeka Belajar”, namun sedikit saya ulas disini mudah-mudahan dapat menambah inspirasi.

Sebetulnya jika saya suruh pihak sekolah menanggapi hal tersebut saat ini, maka keluhannya  tidak jauh dari “kurangnya dukungan orang tua dalam menjaga hafalan anak di rumah”. Disatu sisi orang tua menyalahkan sekolah, disisi lain sekolah pun menyalahkan orang tua. Jadi siapa yang harus bertanggung jawab? siapa yg salah? 

Pada dasarnya manusia sulit sukses karena 3 hal yaitu blaming (menyalahkan), excuse (alasan) dan justify (mencari pembenaran). Kita sering begitu mudah mencari kesalahan pihak lain, namun sangat sulit mengakui kelemahan kecil diri sendiri. Satu telunjuk menunjuk orang lain, 3 jari sebetulnya menunjuk diri sendiri. Bener engga? 

So, solusinya yaitu open mind (buka pikiran) , open heart (buka perasaan) , dan open will (munculkan tekad yg kuat). Orang lain tidak bisa kita rubah, diri kita sendirilah yang harus berubah. Jangan mengandalkan sekolah, mereka hanya sekedar ‘membantu’ mempermudah pendidikan anak kita. 

Bukan berarti pihak sekolah membaca ini jadi santai-santai ya…tapi semua pihak harus berpikir yang sama. Apa yang bisa saya lakukan? Bukan apa yang seharusnya orang lain lakukan. 

Insya allah ayah bunda sendiri sebetulnya memiliki solusi agar anak disiplin menghafal di rumah, hanya saja kadang pikiran kita yang menutup diri menemukan solusi itu, udah terlanjur inginnya ‘blaming’, karena sangat nikmat rasanya ketika kita ‘menyalahkan’ pihak lain. Ia kan? 😁

Coba sekarang jawab pertanyaan saya ini. Jika sekolah sudah tidak sanggup lagi membantu anda, Silahkan tulis 3 langkah yg bisa anda lakukan hari ini juga di rumah untuk membantu anak menjaga hafalan Al Quran? 😊🙏

Jawaban itulah yang sebaiknya anda lakukan saat ini, fokus pada diri sendiri 😊

Mudah-mudahan ada sedikit pencerahan ya Ayah bunda 🙏🙏

O ya, Untuk mendengarkan full audio merdeka belajar dan audio lainnya silahkan klik disini  


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *